Traveling Sekalian Tanam Pohon untuk Lestarikan Alam

Perjalanan akan lebih terkesan ya apabila kita pergi traveling dengan adanya tujuan yang lain contohnya adalah menanam pohon. Bayangkan saja, 10 tahun kembali ke tempat yang sama, pohon –  pohon tersebut akan bertumbuh besar sekaligus menjadi paru – paru dari tempat itu.

mungkin nagih adalah kata-kata yg cocok untuk yg gue rasain sekarang tentang penanaman pohon. ⁣
Iyah nanem pohon itu nagih, apalagi ketika bisa belajar banyak dan dapat ilmu yg sebelumnya gue gak pernah tau. ⁣

Padahal Mbak Ira @indeair waktu kontek gue, cuma ngajak camping doang dan kalo udah mbak Ira yg kontek pasti terkait Penanaman Pohon. Tanpa pikir panjang gue langsung OK-in, iyah bukan soal kerjaan, bukan soal uang lagi, bukan tentang menaikan exposure, tapi tentang Sadar Lingkungan. Semudah itu gue menerima ajakan Mbak Ira untuk gabung lebih tepatnya dijebak 🤪 lagi melakukan penanaman pohon ke 2 gue dengan @siapdarling dan kali ini titik tanamnya di Candi, tepatnya Gedongsongo – Jawa Tengah.⁣

IDE SIAPA SIH NIH?
Menurut gue, Ide ajaib sih untuk melakukan penanaman di Candi, iyah karna udah banyak yg melakukan penanaman di gunung, hutan sekitar, dll nah #SiapDarling ini coba hal yg baru nanem di candi karna ngerasa candi itu adalah aset sejarah dan budaya Indonesia yg wajib kudu diperhatikan juga kelestarian lingkungannya, dan ini udah candi ke 4 untuk mereka.⁣

Entah apa yg bikin gue jatuh cinta dengan hal ini, gue seneng dengan ambience energy mereka, tidak sempurna tapi berharga! Bukan cuma nanem pohon, tapi kemarin ada Darling Race, Forum Group Discussion, Games, Trekking, Green Camp sampai dengan talkshow yg menghadirkan narasumber keren. Oh gak lupa ada hiburan dan hadiah juga loohh…⁣ dan ada team Lawak yg aahh lawak banget dah.
Pokoknya seneng lah, liat ajah deh tuh postingan story udah penuh titik titik hehee.. ⁣

Dear @SiapDarling dan #DarlingSquad , terimakasih! jangan berhenti! Semoga bisa menyebarkan energy positive untuk semua orang dan semoga #SiapDarling bisa merambah ke kota-kota lain, capekkk aqutuuww ditanyain terus kenapa sih cuma di Jawa doang

Sendirian Gelap Gulita Melewati Savana Bekol Baluran

Selamat pagi Guys! Minggu pagi nih, pasti lagi pada jogging, atau menikmati Sunrise? Atau malah ada yang masih nempel dikasur? Hari minggu emang paling enak ya nempel dikasur apalagi kalau ada yang nemenin #eh

Skip skip skip. Jangan bahas nemenin, kasian yang lagi solo travelling hehe. Pagi ini kembali lagi di rubrik #momencatatanbackpacker yang akan menyajikan pengalaman pribadi Yudmin dan Devmin selama berpetualang. Cerita kali ini membahas pengalaman Yudmin melintasi Savana Bekol Baluran sendirian saat gelap gulita. Tau sendiri kan Savana luas dan banyak hewan gitu kalau malam gimana? Enjoy!

Pukul 12 malam. Saya merebahkan diri saya beralaskan tikar dan sarung di sebuah pos di Taman Nasional Baluran, sambil mencoba streaming Liga Champion Real Madrid vs Bayern Munich. Padahal saya harus bangun pagi2 sekali karena saya ingin sekali mengejar Sunrise di Pantai Bama yang merupakan salah satu titik paling Timur di Pulau Jawa. Saya mencoba menutup mata, tapi ada aja nyamuk keliling di daerah kepala, “dasar helikopter, berisik!” pikirku.

Tak terasa, sayapun tertidur. Lalu saya terbangun karena suara alarm cempreng yang berbunyi dari hp saya. “Wah udah jam 3. Saatnya berangkat nih” pikirku. Saya segera menuju ke Pos Satpam untuk menanyakan perihal motor yang sebelumnya sudah saya minta untuk saya pakai ke Pantai Bama. Sesampainya di Pos Satpam, semua satpam sedang tidur, hanya ada motor bebek di modelin trail dan kunci yang berada di stop kontak. “Pasti motor ini yang bisa saya pakai, sesuai dengan apa yang satpam bilang kemarin malam , lumayan lah daripada jalan kaki. Naik motor aja sejam lebih ke pantai Bama, gimana jalan” ucap saya mensyukuri apa yang saya dapat pagi itu.

“Brrrrrrmmmm!!” Motor pun saya nyalakan dan saya mulai memutar gas. Motor yang sudah terasa reot itu mulai berjalan menelusuri kegelapan, ditemani kegelapan total jalan Taman Nasional Baluran. Sebelumnya saya sempat mengecek, siapa tau ada yang ngikut di jok belakang… Kan ngeri juga.

Rumah di Pinggir Pantai, Gunung, atau tengah kota?

Memiliki rumah pasti merupakan tujuan dan impian dari banyak orang. Nah, namun apakah kamu sudah pernah berpikir ingin membeli rumah dimana? Ada banyak sekali jenis rumah yang terdapat di pinggir pantai, gunung, ataupun tengah kota.

Setiap rumah tentu saja memiliki harga yang berbeda – beda. Terutama di tengah kota apalagi di ibu kota yaitu Jakarta sudah pasti sangat mahal sekali. Ada banyak sekali pro kontra dari setiap jenis rumah yang ada.

Di tengah kota akan lebih dekat dengan banyak destinasi, akan tetapi pemukiman sekitar sudah pasti sangat ramai dan tidak ada pemandangan alam. Berbeda jika membeli rumah di pinggir pantai ataupun gunung, rasanya pasti akan sangat segar dan menyatu dengan alam. Akan tetapi minusnya adalah jauh untuk berpergian kemana – mana.

Sebenarnya semua tergantung saja dengan individu masing – masing. Yang mana yang lebih kalian suka dan kontra yang dapat ditoleransi. Hal tersebut yang membuat kita dapat menentukan dimana bagusnya membeli rumah yang cocok untuk kita tempati sehari – hari.

Mari merandom! Gaes, pasti pernah punya pikiran kalau punya rumah yang dekat dengan wisata alam, pasti enak banget. Misalnya punya rumah dipinggir pantai dengan pohon kelapa yang berjejer dan pasir putih halus sebagai alas. Atau bisa juga diatas gunung menikmati udara segar dengan awan sebagai alas kaki. Atau malah ditengah smart city yang semua kamu bisa dapatkan dengan mudah. Terus tinggal bareng sama seseorang yang udah kamu pilih matang-matang untuk hidup bersama.

Kalau kamu disuruh memilih, kamu bakalan pilih yang mana gaes? Terus coba tag temen kamu yang pengen kamu ajak satu rumah. Ya kali-kali doanya terkabulkan, punya rumah impian bersama orang yang diimpikan  #KODEKERAS

NB : Gaes, rencana Yudmin sebelum ke Kalimantan ada rencana bakalan mampir dulu ke Bangka Belitung nih, bareng tim @portraitindonesia juga. Kira-kira ada temen-temen dari Babel nggak yang bisa kasih info jalur kapal ASDP / Ferry yang bisa muat mobil dari Palembang-Bangka-Belitung? Jadi nanti dari Babel bakal cari ferry/ASDP langsung ke Pontianak kalau ada. Mohon infonya ya gaes 🙂

Swedish Meatball yang Dijual di IKEA

Sama seperti namanya, salah satu hidangan yang bernama swedish meatball ini berasal dari negara swedia. Di negara tersebut, makanan ini disebut juga dengan köttbullar.

Swedish meatball adalah makanan berupa bola daging yang biasa disajikan dengan temannya seperti saus, selai buah, ataupun mashed potato. Meskipun namanya adalah swedish meatball, rupanya makanan satu ini berasal dari turki dan sudah dikonfirmasi lagi oleh pemerintah Swedia.

Di Indonesia, hidangan swedish meatball ini sangat terkenal karena dijual di salah satu tempat perbelanjaan furnitur nomor 1 di dunia yaitu IKEA. Banyak sekali pengunjung yang datang mengunjungi ikea hanya untuk mencicipi bola daging yang sangat terkenal ini.

Disini kita akan membahas bagaimana caranya untuk memasak swedish meatball ala ikea. Bahan yang digunakan pun sangat mudah dan dapat ditemukan dimana – mana sehingga sangat mudah di masak. Langsung saja kita lihat cara paling mudah memasak swedish meatball ini.

SWEDISH MEATBALLS ala ikea

Swedish Meatballs | The Cozy Apron

Bahan :
(Bola daging)
400 gr daging sapi giling
2 sdm tepung maizena
2 lbr roti tawar kupas (sobek2)
1/2 bh bawang bombay (cincang halus)
3 bh bawang putih halus
1/2 sdt oregano bubuk
1/2 sdt lada hitam
Gulgar secukup nya.

(Mashed potato)
5 bh kentang kupas,kukus atau rebus hingga matang
30 ml susu cair
1 sdt butter
Cheddar cheese/parmesan secukup nya
Gulgar secukup nya.

(Gravy sauce)
100 ml susu cair/cooking cream
2 sdm saus tiram
1 sdt kecap inggris
2 sdm saos tomat
1 sdt blackpapper
Gulgar secukup nya

Cara membuat :
(Meatballs)
1.Campur semua bahan meatballs hingga tercampur rata,bulat2 kan dan goreng dengan sedikit margarin,sisihkan.

(Mashed potato)
2.kentang yg telah di rebus atau di kukus di hancurkan hingga halus,beri butter,susu cair,keju dan gulgar,test rasa.

(Gravy sauce)
3.campur semua bahan saus,aduk hingga tercampur rata,kemudian panaskan hingga mendidih sambil di aduk terus.

4.tata meat balls di piring,beri side dish mashed potato nya,dan siram meatballs nya dengan sauce nya.(me,pake sayur dikit  cuma frozen mix vegetables biar balance makan daging nya).

Ternyata mudah ya memasak makanan hits satu ini. Jika kangen makan swedish meatball di IKEA, sekarang kamu bisa bikin sendiri nih  di rumah.

Makanan Khas Sunda Cemilan Enak Yaitu Cilok

Cilok adalah salah satu makanan yang berasal dari jawa barat. Dulunya cilok ini dibuat oleh masyarakat suku sunda dari tepung sagu sehingga teksturnya bisa sangat kenyal. Dinamakan cilok karena berasal dari aci dicolok. Biasanya cilok ini dijual oleh abang dipinggir jalan dan dikemas ke dalam plastik kaca. Setelah itu, untuk memakan cilok, biasanya diberikan tusuk sate. Maka dari itu namanya adalah aci dicolok. Aci sendiri merupakan bahasa sunda yang berarti kenyal.

Makanan khas jawa barat ini merupakan salah satu makanan yang paling kita temukan di deretan jajanan SD. Biasanya cilok disajikan dengan menggunakan bumbu kacang ataupun saos. Ada juga cilok yang diisi telur atau daging untuk kreasi yang lebih kreatif lagi.

Di saat pandemi ini, sangat bahaya sekali kalau kita ingin jajan di luar. Lebih baik kita tetap menjaga kebersihan makanan yang kita konsumsi. Jika kalian kangen makan cilok, tenang saja karena bisa bikin sendiri di rumah loh. Ini dia resep membuat cilok bumbu kacang yang sangat mudah dan sangat nikmat.

CILOK BUMBU KACANG

Resep Membuat Cilok Saus Kacang Enak dan Simpel : Okezone Lifestyle

Bahan:
200 gr tepung tapioka
100 gr tepung terigu
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris
Garam secukupnya
300 ml air

Cara membuat:
1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, daun bawang dan garam dalam wadah, aduk rata. Beri air yang sudah dididihkan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Stop pemberian air jika adonan sudah bisa dipulung. Jangan terlalu diuleni ya nanti ciloknya keras.
2. Ambil sedikit adonan, bulatkan. Lakukan sampai adonan habis. Rebus sampai matang. Angkat.

BUMBU KACANG

Bahan:
200 gr kacang tanah sangrai
5 buah cabe merah keriting
3 siung bawang putih
Garam dan gula merah secukupnya
3 siung bawang merah, rajang
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Haluskan kacang tanah, cabe dan bawang putih.
2. Tumis bawang merah sampai matang, beri air, masukkan kacang yang sudah dihaluskan. Beri garam, kecap & gula merah, aduk. Masak sampai matang & kental.
3. Sajikan cilok dengan bumbu kacang.

CARA MENJAGA KEBERSIHAN DILINGKUNGAN SEKITAR

Menjaga kesebersihan di sekitar daerah adalah suatu kewajiban ya agar lingkungan anda tidak terlalu jorok dan tidak terlalu semak saat kita berada di luar rumah maupun berkumpul dengan teman-teman untuk menduduki diluar di halaman rumah kita ya dan orang orang juga melihat bersih jika mendahului di rumah kita,kebersihan lingkungan harus selalu di jaga agar kita kelairga dan masyarakat,mendapatkan beragam manfaat, seperti menjauh dari penyakit mematikan.

MULAI DARI LINGKUNGAN RUMAH
Hal yang sangat mudah yang bisa kita lakukan adalah tetap menjaga ksebersihan rumah kita ya dan halaman, membuat kita terbiasa bila untuk membersihkan lingkungnanya lainnya.
dan bisa kita pastikan untuk menyapu yang lebih bersih maupun di depan teras rumah maupun sampai belakang rumah kita,pastikan yang kita sapu terlihat bersih ya.

TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN
Hal yang terpenting adalah jangan membuang sampah sembarangan ya karena jka membuang sampah tidak pada temoatnya maka akan bisa menyebabkan bau sampah ataupun menyebabkan banjir juga ya jika anda membuang sampah di jembatan lama-lama juga juga bisa tersumbat lubangnya maka akan terjadi kebanjiran ya jadi membiasakan membuang sampah pada tempatnya ya agar tetap menjaga kebersihan lingkungan anda, sediakan banyak tong sampah dilingkungan sekitar anda ya agar anda mudah membuang sampah pada tempatnya ya.

Banyak cara memberikan lingkungan yang bisa kita lakukan saat membersihkan dilingkungan sekitar ya dan tidka membuang sampah sembarangan maupun jenis sampah maupun itu ya dan harus tetap menjag kebersihan dalam lingkungan hidup ya dan agar lingkungan kita bernampak sejuk di pandang ya, agar tidak ada penykait-penyakit dari sapah sampah yang numpuk di sekiatr rumah sekitar anda ya agar terbebas dari penyakit dan harum yang tidak enak ya.

Seperti yang sudah diketahui yang kotor dan terdapat genangan air dan menjadi sarang di banyak di bibit ya sehingga upaya membersihkan pekerangan rumah perlu agar terhindari daei berbagai penyakit dan bencana alam ya maka itu kita bisa membuat dalam selokan jangan membuang sampah sembarnagan ya karena bisa menyebabkan banjir karena lubang yang di dalam selokan tersumbat sampah sampah kecil dan lain lainnya

MANFAAT MENJAGA POLA HIDUP SEHAT

Sekarang banyak sekali yang lagi pada tren banyak yang sudah menjaga agar tidak terlalu keseringan makan ya,dari bentuk testur tubuhnya saja sudah terlalu gemuk makanya jika ngin tubuh anda tidak ingin gemuk silahkan makan yang teratur ya olahraga dilakukan banyak orang yang orang agar dapat memperoleh olahraga yang sedang gencar dilakukan banyak orang agar bisa memperoleh manfaar positif dari pola sehat kita ya sehingga bisa menjalankan pola hidup sehat dan secara konsisten,bahkan seseorang yang mulai menyadarinya jika kesehatan sangat penting bagi kita semua ya.

JAGA IMUN TUBUH SEBAGAI PENCEGAHAN PENYAKIT TERHADAP DI DALAM TUBUH KITA YA
Pola hidup yang di alami di bangun dari konsisten dapat membantu terlindungi dari pola kesehatan anda dan akan terlindungi dari penyakit meningkatkan metabolisme berjalan lebih maksimal dan kita juga bisa berolahraga di setiap pagi hari ya karena sinar matahari di pagi hari itu sehat ya

MEMACU ENERGI DAN SEMANGAT BARU SAAT MENJALANI AKTIVITAS:
Jika ingin pola kesehatan anda terastur mari kita sama sama menjaga pola hidup kita agar menjadi lebih sempurna ya makan juga garus teratur ya agar seimbang dan bergizi snagat membantu peningkatkan,selain ,menjaga pola makan syarat agar lebih kita juga harus berolahraga jhuga ya tidak hanya menjaga pola makan saja ya kita juga harsus berolahraga untuk menjag kesehatan kita juga da ntulang kaki maupun tangan atau pingang kita juga ya maksimalkan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kita ya hingga dapat bekerja lebih optimal ya.

MEMBANTU DALAM MENGONTROL BERAT BADAN
Keinganan untukmenjaga berat badan kita juga ya janga makan terlalu banyak agar tubuh anda juga terjaga anda normal tidak terlalu gemuk ataupun tidak terlalu kurus jugaa bisa di bilang (PADAT) mengatakan bahwa manfaat yang dapat di peroleh saat menerapkan gaya hiudp sehat ya kita juga bisa mengontrol makanan juga ya jangan terlalu memakan makanan yang banyak mengandung minyak ya

MENINGKATKAN MODD MENJADI POSITIF
Pola hidup sehat yang teratur adalah akan menjadikan modd kita menjadi vit ya atau pun kurang tidur makannya badan kita terasa lebhih lelah dan tidak teratur ya karena menyebabkan pemikiran masalah yang ada pikiran kita ya

Lemon Butter Cake Resep Paling Mudah

Lemon Butter Cake Resep Paling Mudah

Sudah pada punya cemilan ngeteh sore?
Kebetulan nih aku baking lemon cake sore ini, yuk mari yg minat segera merapat😄😋

Rasa cakenya seger gtu, manis asem n lembut, wangi butter & lemon…. yummy…
“Smooth like butter, like a criminal undercover”

=LEMON BUTTER CAKE=
With Lemon Glazing

Recipe: Lemon Butter Cake | Recipe | Butter cake, Recipes, Food

Resep by : @tintinrayner
Untuk takaran gula aku kurangin

Bahan:
230 gram unsalted butter
200 gram gula pasir (resep asli 220 gram)
3 putih telur
5 kuning telur
1 sdt vanila essence
260 gram tepung terigu pro rendah
6 gram baking powder
1/4 sdt garam
1 sdm parutan kulit lemon
60 ml air perasan jeruk lemon

Bahan Lemon Glazing:
120 gram gula halus (resep asli 150gram)
60 ml perasan air jeruk lemon (resep asli 3-4sdm)

Cara Membuat:
🍋Ayak tepung terigu, mix dgn baking powder & garam, sisihkan
🍋Mixer gula pasir n butter sampai mengembang dan berwarna putih pucat
🍋Masukkan satu persatu telur, antara satu telur dgn yg lain diberikan jarak durasi 1 menit,
🍋Kemudian turunkan speed mixer, masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu yg telah diayak tadi, parutan kulit lemon, disusul dgn perasan air jeruk lemon, lakukan hingga tepung & air jeruk habis,
🍋Preheat oven dgn suhu 170 ° Celcius selama 5 menit
🍋Siapkan loyang (me: size 23cm) olesi dgn margarin, kemudian tuang adonan, hentakkan, bake adonan selama 40 menit suhu 170 ° Celsius
🍋Jika sudah matang, segera keluarkan dri oven, letakkan di cooling rack
🍋Untuk Lemon Glazing, mix gula halus yg sudah diayak dgn perasan jeruk lemon, aduk rata, tuangkan diatas cake, sajikan

Sekarang anda tidak perlu bingung lagi ingin ngemil sore apa. Dengan lemon butter cake ini anda bisa ngemil sore dengan sangat sehat dan juga penuh nutrisi. Cara membuatnya juga sangat mudah dan sederhana sekali, anda hanya perlu membeli bahan – bahan yang sudah pasti tersedia di toko yang menjual peralatan kue.

Apalagi sekarang dipermudah dengan adanya aplikasi online yang bisa langsung pesan antar bahan yang kalian butuhkan. Tanpa repot keluar rumah, anda bisa membuat lemon butter cake yang lezat.

Buat Cilok Sendiri Di Rumah Ternyata Mudah

Buat Cilok Sendiri Di Rumah Ternyata Mudah

Salah satu makanan khas jawa barat yang biasa dijual menjadi jajanan sore hari yang nikmat adalah cilok. Makanan satu ini memiliki bentuk yang bulat mirip dengan bakso namun tidak menggunakan daging. Cilok yang terbuat dari tepung tapioka ini biasanya dilengkapi dengan bumbu kacang agar rasanya semakin lezat.

Cilok sendiri memiliki arti berasal dari nama aci yang berarti tapioka yang dicolok. Nama aci berasal dari bahasa Sunda yang merupakan bahasa daerah dari masyarakat Jawa Barat. Kali ini kita akan membahas resep bagaimana cara membuat cilok sendiri agar terjamin kehigienisannya.

❤Cilok ❤
saos bumbu kacang

Resep Cilok Bumbu Seblak yang Yummy! | kumparan.com

udah mumet sm masakan
kali ini bikin ny cemilan cilok

Berikut resep aci empuk meski udh dingin tetep empuk

bahan aci :
250gram terigu serbaguna
250gram tepung tapioka
5 siung bawang putih ulek halus aja
4 batang daun bawang iris biasa
15 gram royco (sesuai selera)
Secukup nya garam (optional)

👆👆👆
Campur semua di atas pelan2 campur kan air panas sedikit demi sedikit
sambil di aduk
sampai bner2 jd adonan yg bisa di bentuk
*jgn terlalu encer jgn terlalu kering
Sesuai aja sm tgn asal nggk lengket dan pas di buletin nggak pecah*

udah bulat2 kecil semua
rebus di air mendidih sampai mengembang atau sudah matang
angkat dan tiriskan

bahan bumbu kacang :

200gram kacang tanah goreng
5 siung bawang putih
500ml air
3 bh cabe merah besar ( boleh pk cabe rawit sesuai selera )
50 gram gula merah
1sdt kaldu bubuk
1sdt garam
Secukup nya air asam jawa
👆👆👆
Goreng sebentar bawang putih dan cabe
kemudian blender bersama kacang tanah
Sampai halus .
Masak dgn sedikit minyak di wajan
tuang kacang halus tambahin air
masukan gula merah dan bahan lain
masak 10 menit dan bumbu sudah matang siap di sajikan
cara menyajikan boleh pake siram bumbu kacang nya ke bakso aci nya
atau
masak bersama bumbu biar rasa ny makin meresap

Sekarang jika kamu ingin makan cilok tidak perlu repot cari abang cilok lagi nih. Bikin sendiri aja di rumah biar lebih gampang dan sehat.

Gulai Gurame Masakan Makan Malam Lezat

Gulai Gurame Masakan Makan Malam Lezat

Gurame merupakan salah satu ikan yang digemari oleh banyak sekali masyarakat. Selain daging ikan yang sangat enak, gurame juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Ada banyak nutrisi yang dapat diperoleh dari mengonsumi ikan gurame.

Manfaat mengonsumsi ikan gurame antara lain adalah menjaga kesehatan jantung, bagus untuk perkembangan otak terutama pada anak – anak, sumber vitamin D, dapat menjaga berat badan, bisa mencegah anemia, dan masih banyak lagi kegunaan dari ikan gurame bagi manusia.

Gurame ini pun memiliki banyak sekali cara untuk mengolahnya dan menjadi masakan yang sangat lezat sekali. Biasanya restoran – restoran menyediakan banyak sekali menu gurame dari goreng sampai kuah. Disini kita akan membahas sebuah resep olahan gurame yang sangat enak sekali yaitu gulai gurame.

Resep Gulai Gurame

Free Thyme, Catering, Seasoning Background Images, Food Seasoning Series Of  Thousands Of Fragrant Photo Background PNG and Vectors

🤍Bahan :
Gurame 1ekor, potong menjadi 4 bagian, lumuri jeruk nipis
Kacang panjang 150gr, potong memanjang

🤍Bumbu halus :
Cabe merah keriting kering 7bh (gunting buang biji, rebus)
Bawang merah 8bh
Bawang putih 5bh (cuting)
Kemiri 4btr
Seruas jahe
Seruas kunyit
Secukupnya ketumbar
Secukupnya jintan

🤍Bumbu cemplung :
Santan kental 100ml @karasantan.id
Cabe rawit hijau 10bh
Cabe rawit merah 10bh
Daun jeruk 4lbr
Daun salam 4lbr
Sereh 2bh geprek
Seruas lengkuas geprek
Air 700ml
Garam 2sdt
Gula 1sdt
Kaldu jamur 1sdt

Cara membuat :
Goreng ikan gumare, angkat tiriskan
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan bumbu cemplung, masukkan kacang panjang, ikan gurame, aduk pelan selalu hingga bumbu meresap, tambahkan garam, gula, kaldu, masak hingga matang, test rasa dan sajikan, selamat mencoba

Bahan membuat gulai gurame sangatlah mudah dan tidak banyak yang dibutuhkan. Bahkan untuk menemukan bahan tersebut bisa dicari dimana – mana sehingga anda tidak perlu repot untuk menemukan bahan membuat gulai gurame.

Sekarang dengan adanya resep gulai gurame ini, anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti gulai gurame yang sudah kita bahas cara memasaknya. Apalagi ketika makan gulai gurame dengan nasi hangat akan menjadi sangat nikmat sekali.