Aneh Jika Ronaldo Lolos Dari Hukuman Pajak Di Spanyol

Seorang pemimpin serikat pekerja di otoritas pajak Hacienda Spanyol telah mempertanyakan bagaimana penasehat Cristiano Ronaldo lolos dari hukuman.

Mantan penyerang Real Madrid itu mengakui empat pelanggaran undang-undang pajak Spanyol, menerima denda sebesar € 18,8 juta dan hukuman penjara dua tahun. Masalah pajak jangka panjangnya dengan pihak berwenang Spanyol akan segera berakhir dengan pemain berusia 33 tahun itu telah menerima bahwa jaringan perusahaan di berbagai negara termasuk Irlandia dan Kepulauan Virgin Inggris digunakan untuk menghindari membayar € 14.7m dalam pajak yang jatuh tempo. pada pendapatan hak gambar yang diperolehnya antara tahun 2011 dan 2014.

Carlos Cruzado, presiden serikat pekerja yang mewakili staf teknis di Kementerian Hacienda (Gestha), mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para ahli yang menempatkan struktur pajak yang diketahui ilegal seharusnya tidak sepenuhnya dibebaskan dari penuntutan.

“Penasehat Ronaldo seharusnya tidak dikecualikan dalam kasus apa pun dari tanggung jawab hukum yang mungkin,” kata Cruzado. “Mereka adalah orang-orang dengan pengetahuan yang diperlukan untuk menyusun struktur perusahaan.

“Klien  dalam hal ini Ronaldo  juga harus menyadari apa yang sedang terjadi. Hal yang sama terjadi ketika kalimat [Lionel] Messi dikonfirmasi, dengan Mahkamah Agung mencatat bahwa Badan Pajak dan jaksa tidak menagih pajak penasihat sebagai kooperator yang diperlukan, dan bukan hanya [dalam kasus] pemain sepakbola Argentina.

“Namun itu telah terjadi, sayangnya, hukuman untuk kejahatan pajak tidak cukup untuk membasmi praktik-praktik mengelak dalam sepakbola.”

Ronaldo hanyalah salah satu dari sejumlah klien terkenal dari agen Portugis Jorge Mendes yang mengalami masalah serupa dengan Hacienda dalam beberapa tahun terakhir. Urusan playmaker Bayern Munich James Rodriguez, manajer Manchester United Jose Mourinho, pemain depan Monaco Radamel Falcao dan pemain sayap Paris Saint Germain Angel Di Maria telah diselidiki karena kekhawatiran tentang pendapatan hak citra yang disalurkan melalui jejaring perusahaan di berbagai negara untuk menghindari pembayaran pajak jatuh tempo di Spanyol.

Transkrip pengadilan yang bocor dari penampilan Ronaldo selama 90 menit di pengadilan di Madrid pada Juli 2017 membuat dia memberi tahu hakim Monica Gomez Ferrer bahwa “satu-satunya hal yang saya tahu adalah bermain sepakbola dengan baik. Saya percaya pada penasihat saya, siapa yang terbaik … Saya meninggalkan semuanya di tangan mereka. “

Pada bulan Juli 2017, Mendes sendiri memberikan bukti untuk menilai Gomez Ferrer dalam sidang pengadilan tentang masalah pajak Falcao.

Menjelang sidang itu, Gestifute merilis pernyataan yang mengatakan: “Baik Jorge Mendes maupun perusahaan yang ia kelola, Gestifute, berpartisipasi dalam atau memberikan jenis layanan apa pun secara langsung atau tidak langsung terkait dengan konsultasi keuangan, pajak, atau hukum bagi mereka yang mereka wakili.”

James dan Ronaldo dilaporkan diwakili dalam negosiasi baru-baru ini dengan pihak berwenang oleh Equipo Economico – sebuah perusahaan yang dipimpin oleh mantan menteri keuangan Spanyol Cristobal Montoro.

Masalah pajak Ronaldo pertama kali menjadi publik kembali pada bulan Desember 2016 dengan laporan di El Mundo berdasarkan dokumen yang ditemukan melalui Kebocoran Sepakbola yang muncul untuk menunjukkan bagaimana € 150m dalam pendapatan hak gambar telah disalurkan melalui web perusahaan yang didirikan oleh Mendes dan rekanan.

 

Kapten Portugal saat ini mendapatkan sekitar $ 93 juta per tahun, menurut Forbes, dengan sekitar setengahnya berasal dari penawaran hak citra dengan banyak sponsornya.

Pengamat termasuk kelompok Sepakbola Benchmark KPMG berpendapat bahwa setelah bergabung dengan klub Italia Juventus musim panas ini Ronaldo sekarang akan menikmati situasi fiskal yang lebih menguntungkan, membayar pajak € 100.000 datar pada semua pendapatan hak citra yang diperoleh di luar negara kediaman barunya.

Pada Juni 2015, Ronaldo menjual hak citra pribadinya hingga tahun 2020 kepada pengusaha Singapura dan pemilik Valencia, Peter Lim. Pengadilan Spanyol baru-baru ini menindak penggelapan pajak di antara pemain sepak bola terkemuka, yang sebelumnya diizinkan menggunakan apa yang disebut “UU Beckham” untuk mengekang pajak mereka.

Pemain depan Barcelona Messi, dan ayahnya, Jorge Messi, dinyatakan bersalah pada Juli 2016 dari tiga tuduhan penipuan pajak terkait dengan pendapatan hak citra yang disembunyikan di luar negeri, dengan mahkamah agung Spanyol menegakkan putusan itu pada Mei 2017.

 

CategoriesUncategorized