Mencampur Makanan Dan Obat Jenis Ini Dapat Berbahaya Loh!

Tentu saja siapapun pasti kebanyakan akan makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu karena memang sering dianjurkan begitu caranya oleh ahli kesehatan juga, guna hal tersebut biasanya adalah untuk membuat efektivitas obat yang akan kita makan tersebut semakin meningkat lagi. Meski begitu tidak semua makanan yang kita konsumsi akan cocok dengan obat tertentu karena jika kombinasi kalian salah justru dapat berbahaya bagi kesehatan kita sendiri.

Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan dengan obat yang sama sekali tidak boleh kamu campur atau makan secara bersamaan ya!

1. Obat antitiroid tidak boleh dikombinasi dengan rumput laut

Kombinasi pertama antara makanan dengan obat yang tidak boleh kita lakukan adalah ini karena sesuai studi yang dilakukan Endocrine Journal, menyatakan bahwa seseorang yang sudah mengkonsumsi obat antitiroid untuk mengatasi hipertiroidisme sangat pantang memperkaya yodium lagi pada makanan seperti rumput laut. Pasalnya tingkat yodium terlalu banyak justru membuat dosis obat juga harus semakin tinggi lagi, sehingga tidak akan efektif lagi interaksi antara kedua hal ini dan semuanya sia-sia.

2. Berbagai macam produk susu dengan obat jenis antibiotik

Obat jenis antibiotik apabila dikombinasikan dengan minuman susu juga merupakan hal yang salah selama ini, dikarenakan susu yang biasanya memiliki kandungan seperti kalsium, zat besi serta mineral lainnya justru akan membuat penolakan terhadap antibiotik dari obat yang kita konsumsi sehingga dijamin tidak akan terserap di dalam tubuh kita dan kemampuan melawan infeksi tidak akan dapat dilakukan karena antibiotik tersebut gagal bekerja. Menurut laporan yang diambil dari Men’s Health, menyebutkan bahwa minumlah susu atau yogurt 2 jam sesudah meminum obat tersebut.

3. Buah jeruk bali tidak boleh dikombinasikan dengan jenis obat siklosporin

Sejatinya buah jeruk bali tidak hanya pantang terhadap satu obat saja tapi banyak sekali obat dijamin tidak akan cocok untuk dicampurkan dengan buah ini, salah satunya adalah jenis obat siklosporin yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Apabila kedua hal ini dikombinasikan maka yang terjadi adalah efek samping dari obat menjadi semakin kuat saja dan reaksi yang sama juga berkemungkinan terjadi terhadap jenis obat lainnya, ini diakui langsung oleh Food and Drug Administration.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *