4 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Anuradhapura

Anuradhapura terdaftar sebagai salah satu dari delapan Situs Warisan Dunia UNESCO di negara itu, yang tidak mengejutkan. Kota ini dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia yang terus dihuni. Temuan-temuan arkeologis melacak asal usulnya hingga abad ke 10 SM.

Ibukota Kuno

Saat ini, Anuradhapura adalah salah satu kota utama Sri Lanka di Provinsi Tengah Utara. Di masa lalu yang jauh, itu adalah kota yang bahkan lebih penting di pulau itu. Anuradhapura menikmati kehormatan menjadi ibu kota Kerajaan Rajarata. Bahkan, kota ini diyakini telah menjadi ibu kota antara abad ke-4 SM dan abad ke-11 Masehi.

Pohon Ara Kuno

Salah satu atraksi utama Anuradhapura adalah pohon ara kuno. Ini dikenal sebagai Jaya Sri Maha Bodhi. Pohon ini dikatakan terkait dengan pohon ara legendaris Buddha Gaya di India.

Sang Buddha dikatakan telah mencapai pencerahan di bawah naungan pohon Sri Maha Bodhi asli di Buddha Gaya. Orang Sri Lanka percaya bahwa pohon di Anuradhapura tumbuh dari potongan pohon asli yang ditanam pada tahun 288 SM. Ini membuat Jaya Sri Maha Bodhi berusia lebih dari 2.000 tahun.

Memiliki 2 Kolam Yang Indah

Terletak di taman Abhayagiri Monastery adalah Twin Ponds yang berusia 1.500 tahun atau Kuttam Pokuna. Sistem irigasi yang ada di kolam cukup progresif. Ini sering disebut-sebut sebagai salah satu contoh paling maju dari teknik hidrolik yang ada pada saat itu. Raja Aggabodhi menugaskan pembangunan kolam pemandian ini pada abad ke-6 M untuk para biarawan biara. Kedua kolam berukuran sekitar 130 kaki dan panjang 90 kaki, dan dibuat dari batu.

Memiliki Moonstone Kuno

Sandakada Pahana, yang juga tinggal di Biara Abhayagiri, adalah batu bulan kuno yang dipahat dari batu. Apa itu batu bulan yang kamu minta? Ini adalah lempengan batu yang dipotong menjadi bentuk setengah lingkaran dan beruang ukiran yang rumit. Batu bulan umumnya ditempatkan di pintu masuk candi Budha. Yang satu ini berasal dari abad ke-1 SM.