Hiburan

Gejala Cacingan Pada Anak anak

Gejala Cacingan Pada Anak anak

Penyakit cacingan paling sering menyerang anak anak dan gejala yang di timbulkan harus diwaspadai oleh para orang tua. rasa tidak nyaman akan muncul pada anak penderita cacingan dan biasanya anak akan rewel sepanjang hari, orang tua cenderung akan binggung dengan hal yang tidak wajar tersebut. pada umumnya kebersihan menjadi salah satu penyebabnya, bisa kita perhatikan bahwa anak anak cenderung bermain di tanah atau pun memasukkan hal hal yang mereka jumpai ketanah. orang tua biasanya tidak memperhatikan hal tersebut di karenakan sibuknya pekerjaan dan runtinitas sehari hari.

Ada baiknya orang tua mengetahui tanda tanda jika anak mereka telah terserang cacingan. Salah satu gelaja yang paling kelihatan adalah sakit perut yang di alami oleh anak. biasanya akan terjadi diare, masalah pencernaan dan penurunan nafsu makan anak. beberapa jenis cacing yang kerap menyerang anak adalah cacing benang, cacing pita, cacing gelang dan cacing cambuk. penyebab anak cacingan juga terdapat pada tingkat higienis air atau minuman yang mereka konsumsi. konsumsi makanan yang tidak matang juga dapat menjadi penyebab anak terserang cacingan.

Tanda anak cacingan perlu di waspadai adalah ketika cacingan pada anak sudah di sertai muntah dan diare. asupan gizi pada anak yang kita berikan akan terhisap karena cacingan di karenakan cacingan bersifat parasit. gejala yang timbul adalah penurunan berat badan dan anak menjadi mudah marah dan rewel. Dari studi kasus yang terjadi pada anak cacingan juga dijumpai ruam di area tubuh anak serta kesulitan untuk tidur dan muncul rasa gatal di bagian anus.

Jika anak anda terserang penyakit cacingan maka ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter anak untuk memperoleh penanganan yang tepat, sangat di anjurkan untuk memberikan obat cacing pada anak setiap 6 bulan sekali untuk menghindari potensi terkenanya penyakit cacingan. perlu anda ketahui bahwa cacing yang masuk ke dalam tubuh anak akan ikut menyerap nutrisi vitamin dan gizi sehingga pekembangan anak akan tergangguan dan anak menjadi lebih mudah terserang penyakit atau lebih sering sakit.

Perhatikanlah kebersihan rumah dan tempat bermain anak anda. biasakan untuk mencuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan dan pastikan makanan yang anda berikan sudah matang secara sempurna. minuman yang di berikan ke anak juga harus di pastikan sudah bersih dan ada baiknya di masak terlebih dahulu hingga mendidih. kebersihan tubuh anak juga perlu anda waspadai. pastikan anak anda menjaga kebersihan tubuhnya dengan mandi air bersih dan tambahkan sabun antiseptik ke bak mandi anak untuk memastikan kuman dan cacing yang ada di dalam air telah mati. sebelum tidur juga pastikan anak anda telah membersihkan mulut dengan menggosok gigi dan mencuci kaki serta tangan mereka dengan begitu anak anda akan terhindar dari bahaya penyakit cacing.